Sejarah

Sejarah Singkat Berdirinya Pondok Pesantren

Masyarakat Desa Batetangnga sejak mengenal ajaran agama Islam, mereka sudah familier dengan budaya dan kultur organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang berpaham Ahlusunnah Waljama’ah. Oleh karena itu, seketika ada tawaran dan saran dari PB. DDI Pusat dalam hal ini Gurutta KH. Abdul Rahman Ambo Dalle untuk bergabung dalam organisasi Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI), maka para tokoh masyarakat dan pemuka agama serta pemerintah setempat dengan mudah menerima tawaran dan saran tersebut, karena dianggap organisasi Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI) se-irama dengan organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang sudah melekat dan menjadi kultur  masyarakat sampai sekarang, sehingga tepat tanggal 01 Januari 1960 berdirilah organisasi Darud Da’wah wal-Irsyad (DDI) cabang Kanang di Desa Batetangnga Kec. Polewali Kab. Polewali Mamasa (Kab. Polmas kala  itu)  yang dimotori oleh pendiri utamanya adalah.

  1. Almarhum Ust. H. Nota D, sebagai wakil tokoh Agama dan Pendidik
  2. Almarhum H.Lallo, sebagai wakil tokoh Agama dan masyarakat
  3. Mahmuddin, sebagai pemerintah setempat (Kepala Desa Batetangnga)

Bahwa untuk memenuhi hasrat masyarakat dan pemerintah setempat dalam rangka meningkatkan pembinaan pendidikan Nasional (Umum dan Agama) dalam wilayah Desa Batetangnga pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Polmas pada umumnya, maka tepat pada tanggal 1 Juli 1965 didirikanlah PGA 4 Tahun yang dipinpin oleh Ust. H. Nota.D Setahun kemudian tepatnya tanggal 1 Januari 1966 kembali organisasi DDI membuka taman kanak-kanak RA DDI Kanang bersamaan dengan dibangunnya Madrash Ibtidaiyah (MI) DDI Kanang. Dan diresmikan pada tahun 1967 sekaligus pembentukan pengurus Cabang DDI Kanang. Dengan SK.PB.DDI No: PB/B-II/62/I/1967.

Seiring dengan perjalanan waktu, maka pada tahun ajaran 1977/1978 PGA 4 Tahun beralih menjadi Madrasah Tsanawiyah (MTs) DDI Kanang berdasarkan SK. Menteri Agama RI No.16 tahun 1978. Menjelang beberapa tahun kemudian tepatnya tanggal 1 Januari 1986 berdirilah Madrasah Aliyah (MA) DDI Kanang dan kembali di pimpin oleh Ust. H. Nota.D

Eksistensi beberapa lembaga pendidikan tersebut yang meliputi: TK, MI, MTs dan MA memotivasi pengelolah, tokoh masyarakat dan pemerintah setempat segera membangun atau mendirikan pondok pesantren. Dan niat tersebut disampaikan lansung oleh Ust. H. Nota. D kepada Gurutta KH. Abdur Rahman Ambo Dalle (Tokoh dan pendiri DDI) dan beliyaupun menyambut dan menyetujui hal tersebut, maka pada tanggal 1 Januari 1988 dengan SK PB.DDI No: PB/B.II/86/XI/1988 tanggal 11 November 1988 M/ 1 Rabiu’ul Akhir 1409 H, resmilah berdiri Pondok PesantrenDDI Al-Ihsan Kanang di Desa Batetangnga, yang oleh Gurutta KH. Muchtar Badawi memberi nama: “Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang Kab. Polmas”. Dan sekaligus beliyau menjadi pimpinan pondok pesantren pertama.

Demikianlah sejarah singkat berdirinya Pondok Pesantren DDI Al-Ihsan Kanang Kab. Polman.

Minallahill Musta’an Wa’alaihit Tiklan

Wallahul Muawafieq Ila Aqwamit Tarieq
Wassalam

 

Dr. H.  Adnan Nota, MA